RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN ……………………
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI
/ 1
Materi Pokok : Perkembangbiakan
makhluk hidup
Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut
usia
C.
Indikator
1.
Mendiskusikan
perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
D.
Tujuan
Pembelajaran:
1. Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
2. Siswa
dapat Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
3. Siswa
dapat Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari bayi
sampai lanjut usia
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian,
Tekun,
Tanggung jawab dan Ketelitian
E.
Ringkasan Materi
Perkembangan dan Pertumbuhan manusia
Tumbuh
adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel. Berkembang
adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju ke kedewasaan. Bagaimanakah proses yang terjadi pada masing-masing
tahap? Pertumbuhan
dan perkembangan manusia berlangsung secara bertahap yaitu Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut Usia
1. Masa Balita
Masa balita adalah masa anak di
bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh dan berkembang sangat pesat.
Saat baru lahir, kalian belum bisa melakukan apa-apa. Waktu usia sebulan, indra
penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan
mendengar suara
2. Masa Remaja
Masa remaja dikenal sebagai masa
puber. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang sangat kelihatan. Hormon -
hormon seksual mulai berfungsi. Antara laki - laki dan perempuan mulai ada
ketertarikan
3. Masa Dewasa
Masa dewasa satu
tingkat lebih tinggi dari masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20
tahun. Pada masa ini tidak terjadi pertumbuhan Tetapi, pertumbuhan dan
perkembangan secara emosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan
berpikir untuk bekerja dan menikah.
4. Masa Lanjut Usia
Masa lanjut usia
disebut juga masa tua. Pada masa ini terjadi penurunan fungsi alat tubuh. Orang lanjut usia
mulai kehilangan kekuatan otot tubuh.
F.
Alat dan Media Belajar
-
Multimedia
elektronik
-
Buku IPA BSE SD Kelas VI
G.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan (5 menit)
-
Pendidik mengucapkan salam
-
Pendidik dan peserta didik membaca do’a
sebelum memulai pelajaran
-
Pendidik memeriksa kehadiran peserta didik
-
Pendidik menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan Kompetensi yang diharapkan setelah
pembelajaran selesai
-
Pendidik mengadakan Apersepsi
dan Motivasi untuk membangkitkan semangat belajar dengan cara
“Memperlihatkan gambar perkembangan manusia melalui media
infokus“
|
|
2. Kegiatan Inti (50 menit)
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Pendidik menjelaskan peta konsep tentang pertumbuhan dan perkembangan
tubuh manusia
- Pendidik
Menjelaskan bahwa
manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
-
Peserta didik secara aktif mengamati gambar
tahapan pertumbuhan
dan perkembangan tubuh manusia melalu media audio visual
infokus.
Ø
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Pendidik membagi peserta didik menjadi
beberapa kelompok diskusi
-
Pendidik membagikan Lembar Kerja yang harus
diisi kepada masing - masing kelompok
-
Pendidik menugaskan kepada peserta didik
untuk mendiskusikan Lembar Kerja yang telah diberikan, yang berisi tentang pertumbuhan
dan perkembangan
manusia
-
Pendidik memberi kesempatan peserta didik dalam
kegiatan diskusi untuk bertanya, berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
-
Pendidik memfasilitasi peserta didik
membuat laporan hasil diskusi yang dilakukan secara tertulis dari masing -
masing kelompok
-
Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja diskusi dari masing - masing kelompok
-
Pendidik bersama peserta didik membahas hasil
kerja diskusi dari masing - masing kelompok
Ø
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
- Pendidik bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
- Pendidik
bersama peserta didik bertanya jawab, meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
3. Penutup (5 menit)
- Pendidik
memberikan
kesimpulan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi
hingga dewasa
- Pendidik
mengadakan evaluasi
- Pendidik
mengumumkan hasil evaluasi
|
|
4. Pekerjaan Rumah
-
|
H.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
Tugas
Kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
|
o Jelaskanlah perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( Hasil Diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Catatan
:
Jumlah skor
Nilai = x10
jumlah skor
maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah
AKO, S.Pd,SD
NIP
|
………….., …………. 20
Guru Kelas VI
NONI, S.Pd
NIP
|
LAMPIRAN 1
LEMBAR KERJA SISWA
A. Petunjuk Kegiatan
Ø Bacalah bassmallah sebelum memulai
kegiatan
Ø Bekerjalah dengan sungguh - sungguh
Ø Diskusikan dengan teman kelompokmu
B. Petunjuk Pengisian
Ø Gunakan pensil atau bollpoint tinta untuk mengisi
lembar kerja
Ø Isilah lembar kerja kegiatan dengan
tulisan jelas, bersih, dan rapi, jangan ada corat-coret
Ø Isilah pada kolom yang kosong dalam lembar
kerja dengan jawaban yang telah didiskusikan bersama kelompokmu
1. Diskusikan
Tanda - tanda perubahan fisik yang terjadi pada masa puber.
Masukkan hasil diskusimu dalam tabel
berikut !
NO
|
BAGIAN TUBUH
|
PERUBAHAN YANG TERJADI
|
|
LAKI - LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
1
|
Wajah
|
||
2
|
Leher
|
||
3
|
Dada
|
||
4
|
Ketiak
|
||
5
|
Tangan
|
||
6
|
Pinggul
|
||
7
|
Organ Reproduksi
|
||
8
|
Kaki
|
2. Bagaimana cara
menjaga kesehatan organ reproduksi berkaitan dengan pakaian yang dikenakan?
3. Apa bahaya pergaulan bebas antar lawan jenis ?
Kelompok :................
Anggota
1
2
3
4
5
6
LAMPIRAN II
A. Lembar
Soal
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN……
UPTD PENDIDIKAN
KECAMATAN…………
SEKOLAH DASAR NEGERI …………..
ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VI / Satu
Waktu :
I. Pilihlah satu huruf a, b, c, atau
d pada jawaban yang paling tepat !
1. Pada saat bayi lahir tinggi tubuhnya 32 cm, setelah beberapa bulan
kemudian tinggi badannya
bertambah menjadi 40 cm. Ini terjadi karena
proses.................
a. Pertumbuhan b. Perkembangbiakan c. Perkembangan d. Reproduksi
2. Bayi secara
perlahan akan memiliki kemampuan mengisap, menelan, dan memegang. Hal ini
menunjukan peristiwa....
a. Berkembangbiak b.Pertumbuhan c. Reproduksi d.
Perkembangan
3. Anak perempuan
mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
a. Tumbuh jakun c.
Tumbuh payudara
b. Suara membesar d.
Rambut menjadi panjang
4. Anak laki -
laki mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas, antara lain.....
a. Rambut menjadi panjang c.
Pinggul membesar
b. Tumbuh jakun d. Kaki membesar
5. Andi bahunya
menjadi bidang, suaranya membesar, tumbuh kumis, hal ini menunjukan ciri -
ciri......
a. Anak-anak b. Remaja c.
Dewasa d. Tua
III.
Jawablah dengan singkat dan jelas !
1. Apa perbedaan
tumbuh dan berkembang pada manusia ?
2. Tuliskan tahap
- tahap pertumbuhan dan perkembangan pada manusia !
B. Kunci Jawaban
I. 1.A 2.D 3.C 4.B 5.B
II. 1.Tumbuh
adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel
Berkembang adalah proses perubahan organ
tubuh dan fungsinya menuju ke kedewasaan
2. Masa Balita - Remaja - Dewasa - Lanjut
Usia
C. Kriteria Penilaian
Jumlah skor
Nilai = x10
jumlah skor
maksimal